Sabtu, 10 Juli 2010

Definisi dalam Pelaksanaan Bulungan Sehat

Berikut beberapa definisi yang terkait dengan Pelaksanaan Kabupaten Bulungan Sehat

Kabupaten/Kota Sehat adalah suatu kondisi kebupaten/kota yang bersih, nyaman dan sehat untuk dihuni penduduknya, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.
Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat adalah berbagai upaya untuk mewujudkan Kabupaten/Kota Sehat melalui pemberdayaan masyarakat, melalui forum yang difasilitasi oeleh pemerintah daerah.
Kawasan Sehat adalah suatu kondisi wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat bagi pekerja dan masyarakat, melalui peningkatan suatu kawasan potensial dengan berbagai kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat, kelompok usaha dan pemerintah daerah.
Desa/Kelurahan Sehat adalah kondisi dari suatu desa/kelurahan yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduknya, yang dicapai melalui terselenggaranya suatu kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah desa.
Forum adalah wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya dan berpartisipasi di masing-masing jenjang. Di jenjang kabupaten/kota disebut Forum Kabupaten/kota Sehat (misal: Forkahat) yang berperan dalam menentukan arah, prioritas, perencanaan pembangunan wilayahnya yang mengintegrasikan berbagai aspek, sehingga dapat mewujudkan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni warganya. Di jenjang Kecamatan disebut Forum Komunikasi Desa (Misal: FKD) yang mempunyai peran mengkoordinasikan, mengintegrasikan, mensinkronkan dan mensimplikasikan prioritas, perencanaan antara desa/kelurahan satu dengan desa/kelurahan lainnya di wilayah Kecamatan, yang dilakukan oleh masing-masing Pokja (Kelompok Kerja) Desa/Kelurahan Sehat.
Pokja (Kelompok Kerja) adalah wadah bagi masyarakat di desa/kelurahan baik yang bergerak di bidang usaha ekonomi, sosial, dan budaya serta kesehatan untuk menyalurkan aspirasinya dan berpartisipasi dalam kegiatan yang disepakati mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar